Thursday, May 16, 2013

Mangga

Buah mangga adalah salah satu kesukaan penulis, buah ini bisa besar dan kecil. Paling populer adalah yang rasanya manis dan masih ada sedikit rasa manis.

Ada banyak jenis mangga ada arumanis, dan lain sebagainya. Mangga adalah buah yang di rumah makan tingkat atas sering disajikan biasanya ditetesi dengan jeruk.

Mangga bisa dikuliti dengan pisau, dipotong memanjang dan dimakan langsung. Bijinya yang masih dilingkupi mangga asyyik untuk digerogoti dan dijilat dan disedot untuk merasakan rasa mangga sampai serabut dan rasa yang terakhir. Weiss suegerrr...

Mangga enak juga dimakan dengan mengkuliti dengan gigi dan menggerogoti langsung dengan mulut. Ini saya lakukan dengan mencuci dulu buah mangga dan memastikan mangga satu biji itu hanya untuk saya pribadi.

Mangga juga merupakan campuran wajib untuk banyak rujak. Rasanya ada yang kurang jika tidak ada mangga, biasanya untuk yang ini dicari mangga yang rasanya agak masam atau yang setengah matang.

Mangga jadi maknyus jika dicampur dengan sambal rujak dengan gula aren atau kelapa. Rasanya berbaur dan membuat mata merem melek karena rasa manis, asam, pedas dan manis bercampur baur. Rasa nano-nano istilahnya.

Manisan mangga rasanya enak juga apalgi manisan mangga asli dari Cianjur. Kalau krupuk mangga ada gak ya, kalau ada kasih tau penulis ya.

Juice mangga asli bisa membuat Anda ketagihan, apalgi bisa dicampur dengan buah lain seperti tomat, jeruk, melon dan lain sebagainya. Juice Mantap adalah campuran mangga, tomat dan pepaya, Anda pernah coba ? Sop buah sering mencampurkan mangga dengan buah-buahan lain.

Semacam juice campur seperti juice sanghai, es campur dan sejenisnya sering dimasukkan mangga untuk komponen utamanya.

Ada yang tidak suka mangga ? Sungguh sampai saat ini belum ada orang yang saya temui yang tidak suka mangga.

Mangga (bahasa sunda) coba buah mangga. Monggo (bahasa jawa) dicoba.."Gak lucu khan ?"...

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: