Sunday, April 25, 2010

Tantangan wisata kota sukabumi dan kab sukabumi


Apa saja wisata di sukabumi ? Itu kata pertama yang diajukan jika ingin menuju ke kota sukabumi atau kabupaten sukabumi. Wisata sukabumi sebenarnya sungguh banyak dan beraneka ragam. Beberapa potensi yang bisa digali yaitu wisata kuliner / wisata makanan, wisata ikan hias, wisata perikanan, wisata gunung, wisata pantai,  wisata curug, wisata garmen, wisata camping, wisata arung jeram, wisata outbond, wisata gua, dan wisata-wisata lain yang bisa diciptakan atau digerakkan kembali. 
Saya pribadi sangat terkesan akan wisata pantai di pelabuhan ratu dan ujung genteng. Untuk 2 tempat saja menginap 2 malam tidak mencukupi. Kita satu rombongan pernah menuju ke pantai ujung genteng dan pelabuhan ratu untuk menikmati keindahan pantai, bakar ikan, membeli gula kelapa, tempat pelelangan ikan, berendam di pantai, menikmati pemandangan sepanjang jalan. Sungguh indah potensi kedua pantai sukabumi tersebut.
Orang Jakarta dalam waktu Sabtu Minggu liburan akan mencari tempat wisata Indonesia yang dekat maupun yang jauh. Yang jauh tentu ke luar negeri, menengah tempat wisata Indonesia favorit. yang dekat anyer, Bandung, Bogor, Puncak, Kepulauan Seribu, dan temapt wisata Jabotabek.
Apa pernah terpikirkan kota dan kabupaten sukabumi menjadi tujuan wisata orang jakarta ? Pertanyaan berikutnya tentu apa wisata di sukabumi ? Ada daua hal perlu dipikirkan satu tujuan yang unik (wisata sesuai kekhususan yang bisa jadi daya tarik) dan kemudahan akses ke Sukabumi (jalan lingkar, rel kereta, pelebaran jalan atau jalan tol). Selama ini masih sedikit yang terpikir Sukabumi menjadi tempat tujuan wisata, kecuali orang Sukabumi dan memang jenis wisata khusus yang sudah mencuri star di lingkungan kab dan kota sukabumi.
Tugas dan tanggung jawab untuk tantangan mengembangkan wisata di Sukabumi adalah stake holder (pemerintah, legislator, dinas pariwisata, asosiasi kepariwisataan, masyarakat kota dan kab, pengusaha  sukabumi, keluarga besar sukabumi dan pemerhati sukabumi) kota sukabumi dan kabupaten sukabumi.







No comments: