Sunday, May 16, 2010

Kata Sepak Bola ?

Ada 2 kata dalam sepak bola. Sepak dan bola, sepak dalam bahasa jawa berarti ditendang. Sedangkan bola berarti benda bundar yang terbuat dari kulit diisi dari angin yang bisa ditendang akan terlempat melambung sesuai dikehendaki penendang.

Dengan demikian, sepak bola dalam arti sederhana yaitu permainan yang menggunakan bola disepak sana ke sini oleh group yang saling bertanding untuk mencapai goal tertentu. Goal yang dimaksud di sini yaitu memasukkan bola ke gawang lawannya.

Mengapa bola digemari seluruh dunia ?

Aneh tapi nyata. Bola bundar yang hanya berjumlah satu dalam permainan sepak bola dikejar ditendang, disundul bahkan ditangkap atau menjadi rebutan 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Dengan demikian 22 orang memperebutkan satu bola.

Awalnya sederhan tetapi ternyata banyak hal yang bisa digali dari perebutan 1 bola oleh 22 orang tersebut. Menurut pertimbangan sederhana penulis, ada beberapa poin untuk menjawab pertanyaan ini :

Murah

Modal untuk permainan adalah lapangan yang mencukupi, 2 tiang gawang dan bola. Untuk bola bisa dari harga termurah sampai termahal, dari mulai bola plastik tipis sampai bola kulit berisi. Gawang bisa dari 4 batu yang disusun membentuk 2 gawang berseberangan. Lapangan dapat dimulai dari tanah datar atau berbukit yang dalam luas tertentu. Untuk pakaian bisa tanpa seragam, buka baju bahkan dengan berseragam lengkap dengan sponsornya. Dengan demikian modal untuk bermain dapat mulai dari murah. Jika hanya memiliki bola saja permainan sepak bola bisa dimulai. Yang penting ada 2 group yang saling bermain dan berseberangan. Tiap tim bisa dimulai dari 1 orang, 11 orang sesuai standar atau bahkan bisa lebih banyak lagi.

Meriah

Meriah dalam arti, permainan ini bisa dinikmati baik oleh pemain, wasit, penonton baik yang datang langsung atau mendengar via radio atau via media lainnya. Bahkan beritanya yang sudah bertahun-tahun dapat menjadi kenangan sepanjang masa.

Mudah

Permainan sepak bola cukup mudah. Pemain cukup menendang bola dioper ke rekan satu tim untuk goal/tujuan memasukkan bola ke gawang lawan. Bola tidak boleh dipegang tangan kecuali oleh kiper. Mudah sekali permainannya, mulai dari anak SD sampai bapak-bapak bisa menjadi pemain sepak bola.

Semua kalangan

Sehubungan ini bisa dimainkan dari segala tingkatan, olahraga sepak bola bisa dinikamti semua kalangan. Tidak mengenal golongan, agama, ras, suku atau perbedaan lainnya. Bahkan 2 negara yang sedang berperang dalam kejadian nyata tim sepakbolanya masih bertanding secara fair.

Banyaknya stakeholder

Stakeholder di sini dimaksudkan komponen yang perperan untuk memeriahkan permainan sepak bola. Dari level kampung sampai sepak bola antar negara banyak pihak yang berperan serta, tergantung tingkatan permainan sepak bolanya. Beberapa stake holder yang berperan yaitu, pemain, wasit, penonton, sponsor, pihak media. pihak asosiasi/perkumpulan, komentator, penulis, bahkan papparazi. Sehubungan sepak bola merupakan olah raga yang paling populer di dunia, stakeholder yang ikut atau mau berperan serta dalam kemeriahan permainan sepak bola makin banyak yang di sini tidak bisa disebutkan satu persatu. Sebagai gambaran apabila suatu negara memenangkan piala dunia sepak bola, pesta bisa berlangsung dari detik menang sampai 7 harian.

Entertainment : ada nilai hiburan

Sehubugan makin banyaknya stakeholder dan mewabahnya hobi permainan sepak bola ini, nilai hiburannya cukup tinggi. Dalam permainan sepak bola tingkat dunia. dari mulai fotografer, penulis koran/majalah, komentator televisi, pengamat bahkan sponsor akan meramu atau menganalisa sedemikian rupa sehingga sepak bola bisa menjadi alternatif hiburan selain kegiatan hiburan lainnya.

Ada nilai Bisnis

Nilai bisnis sepak boal dari kacangan sampai milyar USD. Sehubungan terkenalnya dan populernya berita tentang sepak boal dan paling digemari di seluruh dunia, sudah menjadi sebab akibat sepak bola ada nilai bisnisnya. Sebagai misal untuk transfer pemain tingkat dunia sudah mencapai ratusan milyar USD, wow luar biasa.

Drama Nyata

Sehubungan banyak yang liat dan memantau sepak bola dapat menjadi gambaran sepak bola adalah suatu drama nyata. Perihal yang menang dan yang kalah tidak penting lagi. Yang penting bagaimana perseorangan dapat membuat atau menikmati sepak bola sebagai suatu drama nyata

salam
sekian dulu

No comments: