Sunday, May 16, 2010

Inagurasi Obama 20 Januari 2009

Luar biasa lebih dari 2 juta orang hadir langsung dalam acara inagurasi/pelantikan Barack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke 44. Pada saat catatan ini ditulis , secara bergantian saya melihat siaran TV langsung dari CNN, CNBC, Al Jazeera dan lain-lain. Perarakan dan sambutan saksi sejarah jutaan hadirin dimulai saat rombongan Obama naik limousine dari White House menuju tempat inagurasi. Tampak sambutan membahana terdengar secara histeris tertangkap mikropon audio televisi.

Dilihat dari atensi dan kepentingan sebenarnya baik yg hadir langsung maupun penonton televisi seluruh dunia yang mencpai miliaran manusia beragam. Ada beberapa kesamaan yg dapat dikaji dari bergam sudut pandang tersebut dengan pelantikan yaitu :

1. Ada harapan terhadap kepemimpinan Obama yang terpilih secara demokratis dari keturunan afro-amerikan. Obama adalah harapan yang memberikan motivasi bahwa dalam masa krisis finansial dunia yang dimulai dari amerika, diperkirakan masa menantang setelah krisis tahun 30-an, bahwa banyak pihak berharap kepemimpinan ini membawa energi yang cukup menuju perbaikan dan recovery menuju tatanan ekonomi, politik dan kerja sama yang lebih baik.

2. Obama memilih team terbaik dari yang terbaik, bahkan pesaing dalam konvensi partai demokrat Hillary Clinton diminta untuk menjadi menteri luar negeri. Beberapa orang yang menjadi team nya dianataranya orang terkaya dari bidang investasi Warren Buffet, mantan Gubernur Federal Reserve (Bank Sentralnya Amerika) Vokler, peminpin Google Erichs smitch, mantan presiden Bill Clinton dan beberapa orang yang diminta langsung Obama untuk berdiskusi dan memberikan advis. Bahkan untuk tangan kanan atau para menteri dipilih orang-orang terbaik seperti pemilihan Menlu Hillary Clinton, Menristek adalah pemenang Nobel keturunan Asia dan lain sebagianya.

3. Obama dilahirkan dan berproses dan bahkan dipilih untuk kapasitas sebagai presiden. Saya masih ingat beberapa hal yang menjadi nilai lebih Obama terpilih diantaranya :
a. Ayah Ibu Obama meskipun dari dua benua berbeda, Ann Durham ibunya dari Amerika dan Obama Sr dari Afrika berpendidikan tinggi yaitu PhD atau S3-doktoral. Dengan demikian suatu kewajaran kepintaran tersebut mengalir pada Obama, bahkan Obama meraih prestasi summa cum laude pada saat meraih gelar doktornya.
b. Obama besar dan mengalami kehidupan dalam lingkungan bervariasi, dari mulai di Hawai, Indonesia sebagai negara berkembang, di Amerika negara berkembang di kota-kota yang bervariasi seperi Chicago, Illinois. Dengan variasi lingkungan kehidupan tersebut, Obama mempunyai sudut pandang yang lebih luas dan diharapkan bisa lebih bijak.
c. Obama berpengalaman dalam kehidupan rakyat banyak apda saat menjadi sukarelawan kegiatan sosial, sehingga mempunyai kepekaan dalam menampung aspirasi masyarakat banyak.
d. Kemampuan orasinya dapat doajungkan dua jempol. Kemampuan orasinya telah diasah sejak lama, mulai saat menjadi sukarelawan, kandidat senator illionis, konvensi partai demokrat, sampai pada saat proses pemilihan presiden AS. Suatu hal yang sudah diperkirakan atau suatau keberuntungan pada saat konvensiPartai demokrat untuk memilih calon presiden tahun 2004, John Kerry melihat kemampuan Obama termasuk keandalannya dalam ber-orasi. Mengapa orasi penting ? Orasi adalah salah satu alat vital dalam menyampaikan visi, misi dan gamabran tentang banyak hal yang ingin dicapai.
e. Obama memilih orang terbaik tidak peduli mantan lawan atau temannya yang penting mau diajak bekerjasama dan memang ahli di bidangnya.
f. Obama dapat memadukan segala hal dalam mencapai tujuan termasuk bekerjasama dengan orang terbaik, menggunakan tools yang terbaik, menyampaiakn dengan cara yang terbaik dan bersikap dengan posisioning terbaik untuk kepentingan yang lebih tinggi

Dengan beberapa alasan tersebut cukup rasional dan memang sewajarnya Obama terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke -44 yang akan memerintah Amerika Serikat negara adidaya selama emapt tahun sampai 20 Januari 2013.

4. Obama yang diterima banyak pihak, melakukan banyak hal dari hati dan sepenuhnya, dengan demikian diharapkan kerjasama dengan banyak pihak di negara AS maupun pemimpin seluruh dunia dari hati juga. Harapan untuk dunia sangat besar akan hal ini.

5. Harapan banyak pihak tersebut yang diamanahkan ke barack Obama secara langsung atau tidak langsung dapat terelalisasikan setelah Obama bekerja dan melaksanakan keputusan-keputusan penting dan bijak dalam masa apemerintahannya.

Sebagai langkah awal, apresiasi yang tinggi perlu diberikan kepada Obama. Semoga harapan tersebut terealisasikan dan didukung banyak pihak bukan hanya segala lapisan dan masyarakat Amerika, namun segala lapisan dan amsrakat dunia menuju tatanan dunia yang lebih baik, tanpa membeda-bedakan agama, suku bangsa, ras dan golongan tetapi lebih ke arah tatanan umat manusia yang lebih bermatabat, saling menghargai, saling bersosialisasi menuju cita-cita bersama semua. Semoga….

IBP 20 Januari 2009, 23.59 WIB, satu menit sebelum puncak inagurasi.

No comments: