Wednesday, May 26, 2010

Motor : Kebutuhan Moda Transportasi Saat ini

Sudah menjadi rahasia umum motor adalah satu moda transportasi yang menjadi pilihan banyak orang. Bukan hanya suatu pilihan bahkan bisa disebut suatu kebutuhan. Dengan penjualan motor lebih dari 5 juta unit di tahun 2009, bukan berarti pada tahun 2010 akan surut bahkan mungkin akan makin meningkat. Empat merek terkenal yang sering digunakan yaitu honda, yamaha, suzuki dan kawasaki.
Beberapa pertimbangan mengapa motor menjadi kebutuhan transportasi saat ini diantaranya :
  1. Mobilitas, kebutuhan dapat berkendaraan dengan akses yang terbaik, terutama untuk nyelap nyelip tetapi relatif aman, menjangkau daerah-daerah pelosok dengan mudah, jalan-jalan sempit, jalan yang tidak rata dan lain sebagainya dapat terjawab oleh motor.
  2. Gaya, anak muda saat ini merasakan bahwa motor adalah salah satu life style, artinya dengan mengendarai jenis motor tertentu adalah gaya hidup. Ada kebanggaan tersendiri jika motor yang digunakan adalah motor yang sedang 'in' atau sedang digemari anak muda sehubungan fungsi, jenis motor, dan design mudanya.
  3. Murah, sehubungan penggunaan bahan bakar 1 : 20 sampai 1 : 30 atau lebih, dibandingkan dengan mobil yang 1 : 8 atau 1 : 10, kendaraan motor relatif menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit. Jika jarak sekolah atau kantor 10 km saja tiap hari cukup menggunakan 1 liter bahan bakar. Jika dibandingkan kendaraan umumpu bisa jadai motor lebih murah.
  4. Menghindari macet, motor berguna sekali di kota-kota besar yang persoalan macet adalah tema utama pada pagi saat berangkat dan sore hari pada saat pulang dari kantor, sekolah atau untuk suatu keperluan apa saja. Sungguh suatu pemandangan yang biasa sekumpulan motor terlihat di jalan raya dengan mudahnya menghindari macet, berkebalikan dengan mobil pribadi atau kendaraan umum yang bisa-bisa terjebak macet dan menempuh jarak lebih lama.
  5. Hemat, seperti disampaikan di atas dengan motor relatif biaya berkendara lebih murah dibandingkan mobil pribadi bahkan bisa jadi dibandingkan berkendaraan umum.
  6. Cukup satu moda transportasi, dalam arti jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum yan bisa berganti-ganti jurusan atau moda transportasi, seperti beca, ojek, mikrolet, bus umum, kereta, bus way dan jalan kaki.
Dengan demikian sudah jelas bahwa motor sangat berguna untuk masyarakat. Saat ini harga motor bekas cukup bervariasi tergantung jenis, tahun keluaran dan kondisi motor dapat berharga Rp. 1 juta sampai belasan juta. Untuk motor baru berkisar belasan juta. Namun demikian sehubungan ada kredit leasing, harga motor dapat ditanggung masyarakat umum, bayangkan saja dengan cicilan Rp. 500 ribu per bulan saja sudah bisa memiliki motor.
Nah silahkan bandingkan untuk kepentingan Anda sendiri kebutuhan akan penggunaan motor.
Salam Inspirasi. 

1 comment:

ivan verys said...

Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


bisnistiket.co.id