Thursday, May 16, 2013

Tersandera

Sungguh sulit untuk mencari solusi jika ada diantara dua pilihan yang sulit. Bisa jadi ada 3 pilihan yang ketiga adalah tidak melakukan apapun.

Pilihan ini menjadi rumit jika antara milih pilihan pertama dan kedua berkaitan dengan pengorbanan sesuatu. Bisa berupa dana, tenaga, pilihan yg bisa hilang sesaat atau satu pribadi.

Misalnya satu kondisi pilihan pertama adalah menjual aset karena kebutuhan dana segera. Entah itu dipergunakan utk makan, biaya rumah sakit atau dana pendidikan segera. Pilihan kedua adalah meminjam. Pilihan ketiga sama sekali tidak melakukan aksi apapun juga.

Untuk masing-masing ada pilihan sulit apalagi jika menyangkut biaya atau pengeluaran yang cukup besar dan segera. Salah satu harus ada yg dikorbankan sakit, perihal makan, pendidikan, aset, usaha utk pelunasan jika meminjam.

Kondisi ini sering di alami banyak pribadi. Bisa jadi kehidupan seseorang itu tidak terencana ataupun jika sudah terencana pengeluaran itu di luar dugaan.

Memang bisa tersenyum atau lega jika sebelumnya ada tabungan, investasi, sinking fund dan lain sebagainya yang sedemikian rupa bisa mengatasi hal tersebut.

Kondisi ini yg penulis sebut kondisi tersandera atau jaman dahulu disebut simalakama, kanan salah kiri salah.

Bagaimana solusinya ? Apa yg musti dilakukan ? Mari kita dalami, pahami renungi dan kalau sudah mengalami ya pelajaran penting dari pengalaman itu bisa jadi acuan utk menyelesaikannya.

Impian, perencanaan, pengalaman, bekerja keras, susah dulu senang kemudian, dan tentunya doa yang kuat dan konsisten akan menjadikan kita jadi jiwa yang matang.

Semoga permenungan ini berguna buat Kita.

Semoga.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: