Monday, December 24, 2012

Great Love, Financial Freedom & Spiritual Freedom



Great Love
Saya teringat kata ini dari Mother Teresa : “We can do no Great Things, only small thinggs with Great Love”. Perbuatan kecil, sederhana, disiplin, dengan kerrendahan hati dan sepenuh hati lah yang bisa membuat diri kita menjadi sangat berarti. Memang termasuk klise, dari hati terdalam ini saya mulaid ari perbuatan-perbuatan kecil dan berarti bukan perbuatan-perbuatan besar.

Mari kita lakukan mulai detik ini.


Financial Freedom
Banyak definisi tentang financial freedom, namun penulis coba sederhanakan bahwa pencapaian ini secra finansial sudah tidak memikirkan secara penuh usaha dan penuh waktu dalam memenuhi finansial seperti yang diharapkan. Semua kebutuhan finansial telah dipenuhi dari passive income dan residual income.
Passive income atau residual income adalah pendapatan yang diperoleh secara pasif, tanpa usaha yang banyak atau aset aktif-lah yang menghasilkannya. Residual income dan passive income diperoleh dari switching/perpindahan dari active income, massive income atau passive/residual income yang dijaga untuk bertahan dalam jangka panjang.
Untuk proses pencapaian, cara dan strategi pencapaian akan dibahas dalam tulisan-tulisan tersendiri atau bisa dilihat dalam tulisan penulis lain.
Tujuan financial freedom adalah kita bisa fokus pada panggilan dan bisa berbagi lebih banyak lagi dibandingkan jika aktif bekerja untuk menjadi more valuable people.


Spiritual Freedom
Tahap ini bisa dipupuk paralel dengan 2 tahap di atas atau setelah tahap di atas. Spiritual Freedom merupakan persiapan dan pemahaman atas kehidupan setelah kehidupan di dunia ini. Cara dan penerapannya tiap orang berbeda sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Satu hal yang bisa jadi persamaan untuk semua adalah proses spiritual freedom yang tanpa henti akan mendapatkan kebahagiaan bathin
Semoga Anda bisa berproses, mulai memahami dan makin mendalami atas Great Love, Financial Freedom dan Spiritual Freedom ini.
Semoga.


No comments: