Thursday, April 19, 2012

Yakinlah Kemacetan bisa diatasi kok - browox - Storify

Yakinlah Kemacetan bisa diatasi kok

Sharing singkat kemacetan, penyebab, supaya tetap enjoy dan inspirasi solusinya.

  1. Mau Sharing Nih ttg "Kemacetan dan Alternatif Solusinya" ini pendapat pribadi dan dari pengalaman hidup di ... m.tmi.me/osEDl
  2. 1. Kemacetan fenomena dg perjalanan kendaraan terhenti atau terganggu krn ada bottle neck (sumbatan) krn kendaraan lain, ada kejadian dll.
  3. 2. Kemacetan bersifat terlokasir hanya di satu dua tempat atau macet massal di daerah yg luas krn pada satu waktu banyak tdp kendaraan lwt.
  4. 3. Macet bisa juga tersendat merayap alias masih bisa jalan meski terganggu kec kendaraan. Macet total kendaraan sama sekali berhenti.
  5. 4. Macet di persimpangan umumnya dikarenakan persimpangan tempat mangkal kendaraan umum, ada kerumunan (spt pasar) dekat persimpangan.
  6. 5. Macet dipersimpngan jg disebabkan pengaturan arus antar sumber arus kendaraan tak diatur, tak teratur atau tidak dpt diatur.
  7. 6. Tidak ada berarti hrs diciptakan pengaturan baik dg lampu lalu lintas, tanda, polisi lalin, petugas di persimpangan, arus digilir dg pas.
  8. 7. Tak teratur krn pengaturannya belum pas, jd lama lampu lalin diatur ulang, penyebab bottle neck dikurangi, pengetahuan pengatur diupdate.
  9. 8. Tidak dpt diatur krn tdk ada yg mau mengalah, ada yg keras kepala maunya sendiri misal angkot berhenti pas ... m.tmi.me/oA5dC
  10. 9. Overcapacity krn byknya kendaraan lewat pd satu waktu melebihi persimpangan, lebar jalan, putaran persimpangan, & tata bangunan di situ.
  11. 10. Macet tjd krn bottleneck permanen spt penyempitan jln, jln rusak yg blm diperbaiki, gelombang jln yg mengganggu, design jln yg salah.
  12. 11. Kemacetan juga bisa insidentil spt ada kecelakaan, ada kejadian tertentu spt ada pernikahan, mobil mogok, arus distop sementara dlsb.
  13. 12. Kemacetan sementara bisa ditolerir jika memang jarang tjd, cepat diatasi dan bukan pas jam barangkat kerja krn bikin be te bnyk orang.
  14. 13. Berikut kemacetan insidentil dan langka 11 jam di Cibadak, Sukabumi, malam hari, krn sehabis libur lebaran ... m.tmi.me/oA70T
  15. 14. Kemacetan massal dlm area luas biasanya tjd krn overcapacity jalan, sehabis hujan, insidentil pengguna jln ke jln pd wkt yg bersamaan.
  16. 15. Kemacetan massal tjd di bogor, bandung,& ke/dari puncak pada hari libur & jam-jam tertentu. Justru ini bisa jd event wisata kemacetan.
  17. 16. Kemacetan paling menyebalkan adl pd wkt pergi (pagi) dan pulang (sore/malam) apalagi dg hujan. Belum lg naik angkot berdiri.
  18. 17. Kemacetan pulang kantor dr pengalaman teman & saudara mulai jam 16.00 pernah sampai rumah pk 13.00 krn hujan dan banjir ada di mana2.
  19. 18. Sikap thd macet ya hrs dinikmati bkn dikeluh kesah, dengar musik, ngobrol, berdoa, liat pemandangan, bc buku, telp2 an, smsan / bbman.
  20. 19. Jd persiapan ke wc dl, bawa pengganjal perut, minuman, peralatan u enjoy pas macet spt mp3 player earphone, buku, dll.
  21. 20. Solusi macet sederhana, diketahui sumber2 kemacetan dan dicari solusinya. Ada blueprint atasi kemacetan nasional jk 25th, 5th, 1th.
  22. 21. Blueprint nasional, per kota besar, lokalisir kota/kab/kec, yg menginduk blueprint nasional & tdk bertabrakan dg renc jk pj tata kota.
  23. 22. Keharusan nasional berkaitan ketahananan nas, budget, pendapatan nas & daerah, dy tarik wisata global rasa lokal, komparasi & integrasi.
  24. 23. Utk solusi per sumber kemacetan, berikut bbrp solusi yg penerapannya tergantung di lapangan. myloc.me/p3MA2
  25. 24. Switching angkutan pribadi & motor ke angkutan massal yg aman, nyaman, murah, tepat wkt, sesuai kapasitas, massal attraction/lifestyle.
  26. 25. Pengelolaan dg dasar ilmiah dlm distribusi arus krn ada ilmunya spt sistem antrian shg penumpang dpt angkutan & pengelola untung jg.
  27. 26. Aman utk meminimalisir tk kejahatan bahkan bisa menghilangkan. Ada pengamanan di titik tertentu, call center dan tumbuhkan communitynya.
  28. 27. Transjkt termasuk berhasil krn saya dengar pernah berhasil menangkap pelaku copet atau jambret. Ini akan meningkatkan kepercayaan masy.
  29. 28. Nyaman dilihat dr banyak sisi spt AC, bisa duduk, berdiri tdk padat, pengemudi nyetir nyaman, suspensi cukup (goncangan minimal), dll.
  30. 29. Murah adalah relatif dpt diterima masy dg pelayanan yg baik dan utk pengelola cukup menarik utk terjun di angkutan massal ini.
  31. 30. Agar murah sebaiknya ada peran serta pemerintah, dg fasilitas negara, peran kepemilikan shm, jk perlu intervensi pemerintah dan subsidi.
  32. 31. Tepat wkt dg analisa sistem antrian penumpang dpt angkutan massal tanpa menunggu. Jika menunggu kepercayaan thd angk massal menurun.
  33. 32. Tepat kapasitas dlm arti kapasitas angkutan sesuai dg penumpang yg diangkut, ini angkutan manusia bukan angkut dendeng/ikan/barang.
  34. 33. Massal attraction/life style spt bike to work (btc) yg awalnya bbrp org sek cukup banyak yg mengikuti, knp tdk AMTW (angk ms to work).
  35. 34. Utk jd lifestyle perlu ada komunitas yg menggerakkan masy bhw angk massal jd pilihan terbaik, bisa jd partner u usulan perbaikan.
  36. 35. Lama kelamaan angkutan massal jd daya tarik (massal attraction) vs motor attraction: biaya murah, DP rendah & cicilan substitusi biaya.
  37. 36. Kemacetan di persimpangan jelas, pengaturan lalu lintas yg memadai dl, kepatuhan thd peraturan, dan dijauhkan kemungkinan bottlenecknya.
  38. 38. Overcapacity di perempatan dikurangi dg pengaturan arus, mis.: satu arah, wkt nyala lampu lalin & bisa dibangun jl tembus layang/lorong.
  39. 40. Tertib dan disiplin penjagaan kondisi kendaraan penting, krn kemacetan bisa krn kendaraan yg mogok di tempat dan wkt yg tak tepat.
  40. 41. Kemacetan krn pusat keramaian spt sekolah dll, mall over traffic/parker diatasi dg menyalurkan kepadatan ... m.tmi.me/oADEP
  41. 42. Kemacetan krn banjir jelas mesti diatasi banjirnya terutama jalur pembuangan air krn seringkali macet krn genangan air 20 - 50 cm.
  42. 43. Kemacetan dpt dikurangi dg me-variasikan jam berangkat dan jam pulang kantor shg jam ke kantor dan keluar kantor tdk bersamaan.
  43. 44. Kemacetan krn mal dg peraturan pembuatan lahan yg sangat memadai lahan vertikal ke tas dan ke dalam (bwh tanah) tms capacity jl ke mal.
  44. 45. Tata kota diatur dg menyebarkan keramaian dan kepadatan di satu titik, sehingga arus kendaraan bisa menyebar shg mengurangi macet.
  45. 46. Jln tol, jln lingkar kota, jln subway, jln upper way, jalan layang diperempatan dan jln tembus menghindari keramaian wajib u kota besar.
  46. 47. Soal jenis angk massal tergantung karakteristik kota & yg paling memungkinkan u jk pjg, kereta, bus way, trem, monorel, subway dll.
  47. 48. Perihal pembatasan kendaraan dg sendirinya akan berkurang jika angkutan massal lebih nyaman, cepat dan murah dibanding dg kendaraan.
  48. 49. Pemekaran wilayah & kota besar cenderung menjadi megapolitan spt Jabodetabek, suka tdk suka menumbuhkan kebutuhan akan angkutan masal.
  49. 50. Bahkan megapolitan akan besar lagi mungkin, u jkt selatan menuju ke sukabumi, barat ke serang dan timur ke cikampek.
  50. 51. Sentra bisnis, kota pemerintahan dan kepadatan dlm jk pj disebar (pemerataan)/ dipindahkan (relokasi) shg otomatis mengurangi kemacetan.
  51. 52. Jadi perlu pendapatan (pekerjaan /wirausaha) bisa diperoleh di kota besar (padat), kota kecil/sedang, pedesaan bahkan pelosok pedalaman.
  52. 53. Perlu solusi kreatif dan inovatif, spt desa tourism/wisata, desa pusat kerajinan, cluster kecil u usaha di desa, koperasi desa.
  53. 54. Utk aksesbilitas transportasi dg memperbaiki jalan sampai ke pelosok (tugas pemerintah) dan membangun infrastruktur pendukung.
  54. 55. Infrastruktur pendukung spt air, listrik swadaya, akses telp, jaringan internet via seluler/wimax kec tinggi shg meningkatkan potensi.
  55. 56. Satu contoh kota di Eropa dpt free internet kec sedang ternyata pertumbuhan pendapatan bisa naik 20% lebih. myloc.me/p41hV
  56. 57. Contoh lain dari satu produk jagung saja provinsi gorontalo bisa menaikkan cukup signifikan penduduk di daerah tsb.
  57. 58. Juga cara kerja bisa mengurangi signifikan kemacetan, misalnya remote working atau kerja di rumah masing2 via internet, messenger dll.
  58. 59. Jadi u solusi cara lgs & tdk lgs, blueprint, sesuai lokasi dan jenis kemacetan, visi megapolitan, pemerataan kerja/usaha & cara kerja.
  59. 60. Terakhir semua pihak nasional dan lokal, pemerintah, wakil rakyat, rakyat dan ahli2 scr bersama2 u menciptakan kenyamanan tanpa macet.
  60. Sharing singkat ini utk menginspirasi bahwa kemacetan bisa diatasi dg keinginan, perencanaan jk pj, kesinambungan dan kebersamaan. Salam.

No comments: