Sunday, April 22, 2012

Mengenang Prof Widjajono Partowidagdo (Wamen ESDM Pertama) : Pencinta Naik Gunung, ahli perminyakan dan Ide Briliannya - browox - Storify

Mengenang Prof Widjajono Partowidagdo (Wamen ESDM Pertama) : Pencinta Naik Gunung, ahli perminyakan dan Ide Briliannya

Prof.Dr.Ir. Widjajono Partowidagdo MSc. MSOR, MA, ahli minyak yg banyak memberikan ide progresif, nyentrik dan brilian dalam memberikan solusi atas kondisi pengelolaan energi nasional.

  1. Berikut saya sharingkan ttg "Prof Widjajono Partowidagdo (Wamen ESDM Pertama) : Pencinta Naik Gunung, ahli perminyakan dan Ide Briliannya"
  2. Saya tersentak membaca linimasa atas wafatnya guru tercinta, jenius, bersahaja, teguh memegang prinsip dan punya pemikiran brilian ini.
  3. Semoga atas amal baktinya arwah beliau diterima di sisiNya. Mas Wid telah tiada tp pemikiran dan kebersahajaannya diteruskan & jadi teladan.
  4. Gunung Tambora merupkan pemberhentian terakhir saat menjalani hobinya mendaki gunung, tp pemikirannya jd inspirasi u kehidupan lebih baik.
  5. 1. Widjajono Partowidagdo lahir di Magelang 16 Sept 1951, lulus dari SMA 5 Bdg 1970 & gelar sarjana teknik - Teknik Perminyakan ITB 1975.
  6. 2. Gelar S2 ada 3 : M.Sc petroleum engineering 1980, M.Sc operation research 1982,& MA ekonomi 1986 dr Univ. of Southern California (USC).
  7. 3. Tesis MAnya "An Energy Economy Model for Indonesia". Gelar Ph.D 1987 USC jg : "An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia".
  8. 4. Ketua Program Pasca Sarjana Studi Pembangunan ITB 1993-04. Ketua Kelompok Keahlian Pemboran, Produksi & Man. Migas FTTM & FITB 2005-07.
  9. 5. Pernah sbg Sekretaris Komisi Permasalahan Bangsa dan Majelis Guru Besar ITB. Karier sbg dosen & mentor u pemimpin2 di perminyakan.
  10. 6. Masih tercatat sbg Guru Besar Bidang Ekonomi & Pengelolaan Lapangan Migas pd Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB.
  11. 7. Dosen Manajemen & Analisis Ekonomi Proyek Migas & Pengelolaan Energi, Sumber Dy Mineral, & Lingk pd Program Studi Teknik Perminyakan ITB
  12. 8. Ang Pi Epsilon Tau (Honor Student Society) - Society of Petroleum Engs (SPE), Penasehat Masy. Kelistrikan Ind. (MKI) & As. Panasbumi Ind.
  13. 9. Pengajar Jurusan Teknik Perminyakan, ITB ( 1976-21 April 2012), Pasca Sarjana Studi Pembangunan, ITB (1993-21 April 2012),
  14. 10. Pengajar Pasca Sarjana Studi Sumber Daya Mineral, ITB (1989-21 April 2012), Program Magister Teknik Pertambangan & Teknik Industri, ITB
  15. 11. Anggota Dewan Energi Nasional (2009-21 April 2012)
  16. 12. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (19 Oktober 2011 – 21 April 2012)
  17. 13. Tulisan ilmiahnya ada di mana2 terutama tentang energi, dunia perminyakan, termasuk solusi utk kondisi sumber daya mineral nasional.
  18. 14. Selain tulisan, pemikiran dan mentoringnya sangat berguna & dihormati oleh kalangan yg mengerti ttg sumber daya mineral (SDM) & energi.
  19. 15. Beliau jenius, suka senyum, apa adanya, nyentrik dlm pembawaan & berpakaian bahkan tetap gondrong meski sudah menjadi Wamen ESDM.
  20. 16. Sikapnya bersahaja, sederhana bahkan naik kendaraan umum/taxi pd saat menuju tempat kerja/tugas. Tetapi murid2nya tetap hormat pdnya.
  21. 17. Namun beliau teguh pd prinsip, idenya sering nyentrik yg berseberangan dg banyak pihak. Wajar sering dikritik krn teguh pd prinsip.
  22. 18. Namun setelah beliau wafat byk pihak tersentak bhw pemikirannya banyak untuk membela bangsa, harkat martabat negara & membela rakyat.
  23. 19. Pemikirannya progresif / mendahului pemikiran banyak pihak, dlm bidang energi dan perminyakan harus diakui beliau salah satu yg terbaik.
  24. 20. Harusnya rakyat Indonesia berbangga dan berbahagia beliau ditunjuk sbg wamen ESDM, sayang sekali 6 bln sudah dipanggil Yang maha Kuasa.
  25. 21. Ada banyak harapan u beliau sbg Wamen dlm terobosan kebijakan energi & perminyakan, yg saat ini masih signifikan dlm perhitungan APBN.
  26. 22. Penampilannya ekstentrik, rambut gondorng, baju sederhana, sepatu tak tersemir & tas bolong. Belum lagi hobinya yg gila naik gunung.
  27. 23. Namun setelah wafatnya, banyak pihak tersentak pemikirannya benar-benar progresif, bahan bisa disebut brilian.
  28. 24. Saya sendiri pernah mendengar lgs di radio Pro3 RRI penjelasannya yg lugas, logis dan apa adanya dlm pandangan horison jk panjang.
  29. 25. Mis. pandangannya bhw bangsa Indonesia lucu krn masih mau membeli BBM mahal sekitar 36 sen per kwh. Namun energi yg 9 sen ditawar 6 sen.
  30. 26. Jk panjang perlu digiatkan pemakain energi selain BBM spt panas bumi, gas, air, batubara, biodesel, sinar matahari. Butuh wkt tp harus.
  31. 27. Tujuannya adalah kemandirian energi, switching pd energi yg murah dan melimpah di dalam negeri membuat kesejahteraan rakyat lebih baik.
  32. 28. Mengkonsumsi energi yang mahal tetapi tidak mengkonsumsi energi murah yang kita miliki adalah lucu (kata halus untuk kebodohan).
  33. 29. Tidak menggunakan energi murah dan melimpah di dalam negeri spt air dan panas bumi adalah tidak bijaksana.
  34. 30. Dalam jk menengah panjang dg menggunakan sesedikit mungkin BBM baik utk transportasi dan listrik, bisa mengurangi subsidi.
  35. 31. Pengurangan konsumsi BBM dilakukan dg mendiversifikasi pemakaian energi ke selain BBM dan cara-cara penghematan tertentu.
  36. 32. Langkah-langkah tsb dpt membuat Indonesia mempunyai dana lebih banyak untuk lebih cepat menjadi negara terpandang di dunia.
  37. 33. Penghematan pemakaian BBM lgs dpat dilakukan dg pembatasan. Tujuannya jelas mengurangi subsidi BBM yg membebani APBN.
  38. 34. Pembatasan pertama : peraturan premium hanya utk kendaraan umum dan motor.
  39. 35. Pembatasan kedua : mobil cc rendah di bawah 1500 cc wajib menggunakan premix (50% premium dan 50% pertamax).
  40. 36. Pelaksanaannya premium dpt dibeli jk sudah membeli pertamax dg perbandingan 1 : 1. Dg demikian untuk mobil < 1500 cc subsidinya 50%nya.
  41. 37. Pembatasan ketiga : peraturan mobil pribadi di atas 1500 cc wajib membeli pertamax. Tak ada subsidi premium untuk mobil pribadi ini.
  42. 38. Penghematan pemakaian bensin sampai 30% dpt dilakukan dg alat seharga Rp800 ribu yg ditemukan oleh Prof Djoko Sungkono dari ITS.
  43. 39. Penghematan diesel (mis utk truk & bus) dgn menggunakan larutan Penghemat BBM SF Turbo 1 yg ditemukan oleh Pak Faisal dari Palembang.
  44. 40. Diversifikasi ke energi selain BBM: batu bara, panas bumi, air, bioenergi. Biaya listrik dari batu bara, panas bumi & air hanya 1/4-nya.
  45. 41. Utk daerah-daerah terpencil terutama Indonesia Bagian Timur dpt memaksimalkan pemanfaatan energi surya, angin, arus laut, mikro hidro .
  46. 42. Pengembangan Kemiri Sunan utk penghijauan shg mencegah banjir & tanah longsor. Juga bisa dibuat biodiesel untuk asri & mandiri energi.
  47. 43. Pesantren yg 20.000 di Indonesia dpt memaksimalkan pemanfaatan kemiri sunan untuk reklamasi tambang, penghijauan & energi (biodiesel).
  48. 44. Pemakaian LPG 3 kg untuk nelayan melaut perlu disebarluaskan karena realtif lebih murah dan mengurangi subsidi.
  49. 45. Medco memberi converter kit untuk CNG (Compressed Natural Gas) yg hrg keekonomian Rp4.100 per liter (subsidi Rp1.000 harganya Rp3.100).
  50. 46. SPBU diharap dpt dijadikan tempat utk jual BBG. Spy hrg kompetitif diharap subsidi gas Rp1.000 jauh lebih hemat dr subsidi BBM Rp5.000.
  51. 47. Penghematan dpt dilakukan dg cara sederhana dg memakai lampu dan peralatan hemat energi dan mematikannya apabila tidak diperlukan.
  52. 48. Perusahaan yg menyediakan bus kantor utk pegawainya scr signifikan dpt mengurangi kemacetan di Jakarta krn mengurangi kendaraan pribadi.
  53. 49. Transportasi umum ditingkatkan kuantitas & kualitasnya spy masy. pindah dari kendaraan pribadi pd hari kerja ke transportasi umum.
  54. 50. Kendaraan pribadi hanya digunakan pada akhir pekan. Busway di Jakarta perlu ditambah armada yang jauh lebih banyak.
  55. 51. Pemakaian KA ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya baik utk dalam kota maupun antar kota tms utk angkutan barang dan batu bara.
  56. 52. Akan lebih byk uang yg dihemat bila bisa meminimalkan KKN mengoptimalkan Penerimaan Pemerintah & mengefisienkan Pengeluaran Pemerintah.
  57. 53. Utk PLN beliau akan menegur jika tidak memaksimalkan penggunaan batubara yg 1/4 lebih hemat dari BBM.
  58. 54. Anehnya meski beliau ahli, berpengalaman, mendalami dan diakui benar dlm bidang energi masih saja ada yg melecehkan beliau.
  59. 55. Dalam kondisi spt ini beliau seringkali jengkel kalau ada orang sok tahu mengenai perminyakan padahal tdk pernah mendalami soal minyak.
  60. 56. Berikut sepenggal tulisan beliau di IA ITB : "Tuhan Engkau Maha Pengasih dan Penyayang, aku sayang kepadaMu dan sayangilah aku…
  61. Tuhan Engkau Maha Pencipta, segala kehendak-Mu terjadi… Terima kasih Tuhan atas karuniaMu."
  62. Selamat Jalan Mas Wid Guru, Mentor, Pencerah Energi Indonesia, Inspirator utk Pelaku Energi di Indonesia.
  63. Tulisan tsb diperoleh dari berbagai macam sumber : opini pribadi, okezone, detik, kompas, BBM group dll.

No comments: