Sunday, April 15, 2012

Mengapa pendidikan harus, harus dan harus diperjuangkan utk kehidupan lebih baik ? - browox - Storify

Mengapa pendidikan harus, harus dan harus diperjuangkan utk kehidupan lebih baik ?

Pendidikan harus, harus dan harus diperjuangkan utk kehidupan lebih baik dan bagaimana caranya selama ini utk orang yg belum berkecukupan spt penulis lakukan. Perjuangan tanpa henti, selama tidak dosa lakukan.

  1. Berikut kultwit ttg "Mengapa pendidikan keharusan utk yg miskin harta namun mendamba kaya amal bakti ?" myloc.me/p0Cfq
  2. 1. Hidup adalah perjuangan u tetap menegak tatapan ke depan, melihat realitas saat dan tetap menjaga dalam jalan kebenaran kebenaran.
  3. 2. Nenek saya yg saya panggil Mbok menyatkan "Le (Nak) hidup sudah susah, jangan kita buat makin susah lagi". myloc.me/p0Cp8
  4. 3. Ibu saya yg saya panggil Bue menyatakan jg selama itu hal baik (tidak berdosa) dan merugikan org lain tidak usah malu utk diperjuangkan.
  5. 4. Kita lahir tidak pernah bisa minta dan memilih lahir di keluarga berkecukupan, semuanya tinggal bilang tersedia & tak ada aral melintang.
  6. 5. Kita masing2 dilahirkan di dunia ini ya memang dlm tingkat sosial, jenis kelamin, agama, suku bangsa, bahasa, lokasi, negara spt itu.
  7. 6. Bukan kita yg memilih lahir agama ini, bangsa ini, jenis kelamin ini dlb. Kita tidak ditentukan kondisi saat ini, tp apa yg kita lakukan.
  8. 7. Bukan asal usul dan genetika, tetapi aksi kita saat ini dan nanti. Hal ini membuat kehidupan menjadi adil.
  9. 8. Jalan utk menjadi lebih baik adalah pendidikan, bukan hanya yg miskin harta juga utk yg berkecukupan. Pendidikan tdk bisa dibeli dg uang.
  10. 9. Pendidikan tidak sekedar hanya pengetahuan, nilai dan pelajaran. Pendidikan menyangkup pembentukan karakter yg terproses dari tindakan.
  11. 10. Pendidikan adl perpaduan pelajaran formal, non formal, pengalaman, proses dari tindakan-tindakan menjadi pembentukan karakter yg kuat.
  12. 11. Karakter adl spt integritas, kerendahan hati, kesetiaan, pembatasan diri, keberanian, keadilan, kesabaran, kerajinan, kesederhanaan,
  13. kesopanan dan perbuatan timbal balik yg seimbang. Lamanya pembentukan karakter ini bisa sampai puluhan tahun. Tiap waktu selalu lebih baik.
  14. 12. Hasil dari pendidikan akan terlihat pd kepribadian orang tsb dlm berprinsip, kedisiplinan, kepercayaan diri, kegigihan & jiwa pemimpin.
  15. 13. Dg demikian wajar, org yg miskin dan berkecukupan punya prinsip bahwa pendidikan harus ditempuh dengan keseriusan.
  16. 14. Keinginan utk lebih baik makin kuat pada yg belum berkecukupan, karena selain bonusnya karakter yg kuat juga bisa lebih sejahtera.
  17. 15. Banyak cara dilakukan, pertama mencari beasiswa, dengan demikian harus berprestasi sejak awal supaya beasiswa mudah diperoleh.
  18. 16. Kedua mencari pendidikan kedinasan atau yang dimungkinan ada bantuan biaya pendidikan.
  19. 17. Ketiga mencari pendapatan lainnya meskipun harus dikerjakan selepas sekolah, spt memberikan les, antar koran, tukang ojek, pengamen dll
  20. 18. Keempat hidup hemat setiap awal sehingga pendapatan dapat difokuskan untuk biaya sekolah.
  21. 19. Kelima menabung meski 1000 rupiah tiap hari namun jangka panjang akan membukit.
  22. 20. Keenam saling membantu diantara kaka beradik, kaka yg mentas dulu berikutnya membantu biaya pendidikan adiknya.
  23. 21. Ketujuh pembentukan karakter spt hidup bersahaja, disiplin harus jg dll krn pendidikan jg harus maka tidak boleh ada celah u kegagalan.
  24. 22. Kedelapan kegaitan belajar adlh fokus yg dilakukan tiap waktu, harus, harus dan harus bahkan meski dg lampu sederhana, buku pinjaman dll
  25. 23. Kesembilan tidak ada celah mengulang kelas atau mengulang mata kuliah krn soal waktu dan ujung-ujungnya tambah biaya hidup dan SPP.
  26. 24. Kesepuluh tak ada celah untuk sakit karena sakit adalah tertundanya waktu penyelesaian pendidikan yg ujung-ujungnya tambahan biaya.
  27. 25. Kesebelas anggota perpustakaan adalah penting krn penurunkan biaya (lebih hemat) untuk bahan sekolah, bahan kuliah dan sumber pustaka.
  28. 26. Keduabelas, ikut ekstra kulikuler atau unit kegiatan yg memperbanyak teman & jaringan, jd dpt info byk tmsk bs pinjam buku dari senior.
  29. 27. Pokoknya byk hal bs dilakukan u bs lebih pintar, lebih cepat, lebih ringan biayanya shg pendidikan bs tergapai. Tak ada yg tak mungkin.
  30. Demikian ttg berjuang utk dpt pendidikan terbaik meskipun kita miskin. Tak ada alasan yg bisa mencegah dlm menggapai pendidikan yg terbaik.

No comments: