Saturday, March 10, 2012

5 Langkah Mengatasi Kecanduan

Langkah-langkah di bahwa ini dikutip dari buku The Purpose Driven Life – Sebuah Perspektif Katolik karya Joseph M. Champlin. seorang Pater yang telah menulis lebih dari 50 buku dan mengajar ebih dari 2 juta mil ke seluruh dunia.
Pada zaman sekarang banyak orang yang berjuang untuk mengtasi kecanduan dalam berbagai bentuknya seperti alkohol, obat-obatan, seks, dan makanan.
IMG00701-20110424-0943
Pola pikir utama untukmengatasi kecanduan, orang harus berani menerima dan mengakui bahwa ia mengalami masalah. Jika diterapkan secara tekun langkah-langkah berikut dapat membantu mengendalikan kecanduan dan mengatur hidup secara sehat.
  1. Kecanduan itu bukan kesalahan Anda. Dengan demikain jangan menghukum diri dengan rasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri.
  2. Kecanduan tidak akan hilang. Anda dapat menjadi pencandu yang menyembuhkan diri, tetapi tidak akan pernah menjadi pecandu yang sudah sembuh.
  3. Dengan menggunakan sarana yang tersedia program langkah-langkah mengendalikan kecanduan dan menata kehidupan yang damai.
  4. Mewaspadai HALT, menyadari bahwa terlalu lapar (Hungry), marah (Angry), kesepian (Lonely), atau kelelahan (Tired) dapat membuat anda rentan pada kecanduan.
  5. Tanpa Kekuatan yang mengatasi kekuatan Anda sendiri, yakni Tuhan, Anda tidak mungkin dapat mengendalikan kecandauan Anda.
Semoga dengan tekad bulat dan tanpa henti untuk selalu berusaha Anda bisa menjadi pecandu yang menyembuhkan diri.

No comments: