Sunday, May 16, 2010

FDR presiden dari presiden

FDR atau dikenal dengan franklin delano roosevelt merupakan nama yang tidak asing buat yang hidup di tahun 1930 - 1940. Bahkan sampai saat ini masih terdengar gaungnya dan menjadi acuan buat menjadi seorang pemimpin yang sejati.

Mengapa FDR menjadi sangat dikenal dan disegani ?

FDR merupakan presiden amerika serikat ke-32 yang terpilih dan mempimpin amerika pada saat-saat yang penting yaitu saat terjadi great depression (krisis ekonomi) dan perang dunia II. Pidato Roosevelt yang terkenal yaitu "I pledge you, I pledge myself, to a new deal for the American people : Saya berjanji pada Anda, saya berjanji pada diri sendiri, untuk memberikan Janji Baru "New Deal" untuk rakyat Amerika". Ahli sejarah merangkum dalam bangkit dari depresi besar ekonomi tahun 30-an FDR melakukan tiga hal "relief (bantuan), recovery (pemulihan) and reform (pembaharuan)." Bantuan diberikan pada 10 juta pengangguran. Pemulihan berarti mengembalikan perekonomian kembali normal. Pembaharuan berarti memperbaiki untuk jangka panjang yang selama ini salah terutama dalam bidang keuangan dan sistem perbankan.

Sehubungan keberhasilan secara nyata keluar dari depresi tersebut, FDR dalam sejarah baik saat atau sesudah kematiannya menjadi tolok ukur (benchmark) presiden-presiden di seluruh dunia dalam menjadi seorang presiden yang sejati. Bahkan dedikasinya menjadi presiden dilaksanakan sampai akhir hayatnya. FDR meninggal pada 80 hari setelah pelantikannya menjadi presiden masa pemerintahan ke-3.

Program 100 hari, program peningkatan kesejahteraan buat rakyat, pidato berkala untuk seluruh rakyat lewat radio dan meningkatkan motivasi dan kebanggaan rakyat akan pemerintahan yang sedang dijalankan merupakan bentuk nyata seorang presiden mempertanggung jawabkan amanah rakyat yang memilihnya menjadi presiden.

Semoga pemimpin negara kita dan negara-negara lain memang mendasarkan dedikasi pengabdiaannya pada suara hati rakyat diatas semua kepentingan golongan.

No comments: