Friday, October 21, 2011

10 Alasan Saya Bangga Indonesia

  1. Indonesia : Indonesia merupakan negara yang sudah diikrarkan oleh pemuda-pemuda bahkan sebelum merdeka dengan isi sumpah pemuda sebagai berikut : "Pertama, Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea, Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.Ketiga Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia".LaguKebangsaan Indonesia Raya, bahasa resmi Indonesia, berbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, berbendera Merah Putih, dengan lambang Garuda Pancasila yang penuh arti, bermotto Bhinneka Tunggal Ika, ibukota Jakarta, diproklamasikan 17 Agustus 1945, terletak di Asia Tenggara dengan lebih dari 13 ribu kepulauan, punya nama lain Nusantara, berpenduduk nomor 4 di dunia dan atribut lainnya yang menjadi negara yang makin diperhitungkan di dunia. 


  2. Merah Putih : Bendera yang sederhana, bersahaja namun penuh arti. Secara khusus arti merah putih diulas secara mendalam dan panjang dalam sebuah buku yang saya lupa judulnya dikarang oleh Bung Muhammad Yamin. Warna merah dan putih sangat berarti bagi bangsa Indonesia telah tercatat dalam sejarah dan melalui perjalanan perjuangan yang bersejarah. Sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Dari pengertian filosofis, merah berarti berani dan putih berarti suci saja sudah memberikan spirit bahwa bangsa Indonesia akan menjadi bangsa besar kini dan nanti. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia. 


  3. Merdeka karena Perjuangan : Sungguh tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tanggal bersejarah yang bahkan dimaterikan dalam lambang negara dengan 17 helai bulu pada masing-masing sayap, 8 helai bulu pada ekor ,  19 helai bulu di bawah perisai atau pada pangkal ekor dan 45 helai bulu di leher. Indonesia di-proklamasikan pada tanggal tersebut oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs.Mohammad Hatta  di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Isi naskah proklamasi adalah sebagai berikut :

    Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
    Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
    dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
    Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
    Atas nama bangsa Indonesia.
    Soekarno/Hatta
    Kemerdekaan tersebut telah melalui perjuangan panjang seluruh rakyat Indonesia bahkan telah melalui perjalanan dan perjuangan tanpa henti untuk tetap mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk tetap menegakkan agar Indonesia tetap Jaya.





  4. Bhinneka Tunggal Ika : Motto atau semboyan Indonesia ini berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Dalam arti lebih luas pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.





  5. Pancasila : Pancasila yang berarti lima prinsip ataua asas adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Soekarno menyatakan "Pancasila, Sila artinya azas atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi." Lima sila tersebut adalah : Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan   Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.





  6. Indonesia mempunyai kuantitas (Hasil Kali) dan kualitas (Banyaknya Nilai Tambah) : Perjuangan yang panjang untuk merdeka, budaya dan bahasa yang beraneka ragam, hutan tropis yang melimpah, lautan dengan kekayaan yang melimpah, dan kekayaan lain yang beraneka ragam merupakan nilai tambah yang bisa menjadi harta karun atau nilai tambah untuk kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia. Di sisi lain penduduk ke-4 terbesar di dunia bisa menjadi potensi yang melimpah jika di kelola dengan tepat. Perpaduan antara nilai tambah (kualitas) dan kuantitas dari melimpahnya penduduk Indonesia merupakan potensi yang dapat menjadikan Indonesia makmur, sejahtera, dan jaya bagi seluruh bangsa Indonesia.





  7. Sejarah dan Masa Depan sebagai Bangsa Besar,  Perjuangan Tanpa Henti : Seperti halnya tanah liat dibakar untuk menghasilkan mug yang berkualitas, dirasakan tanah liat menyakitkan pada saat diproses tersebut. Setelahnya mendapatkan hasil luar biasa dan mempunyai nilai yang tinggi.Demikian juga negara dan bangsa Indonesia diperjuangkan untuk merdeka, dipertahankan dan diisi dengan perjuangan tanpa henti untuk menjadi negara yang makin bernilai dan bermartabat, proses menjadikan Indonesia ini tentunya akan mendapatkan Indonesia yang lebih bernilai dan makin dibanggakan seluruh bangsa Indonesia.





  8. Jamrud di Kathulistiwa : Seringkali bangsa Indonesia kurang menyadari bahwa Indonesia adalah Jamrud di Kathulistiwa aliastak bernilai atau bernilai tinggi atas semuanya yang ada di Indonesia, kekayaan alam, penduduk, letaknya yang strategis dan banyak hal lagi yang bsia menjadikan Indonesia lebih bernilai lagi.





  9. Pijakan Kuat dari Founding Father dan Pemimpin Terbaik Selalu Lahir dari Bumi Nusantara ini : Indonesia yang bersatu dengan keanekaragaman suku, bahasa, budaya, agama, kepercayaan dan keanekaragaman lainnya merupakan suatu mukjijat bahwa Indonesia akan makin menjadi, makin bernilai dan tetap akan membuat tiap hati dan pribadi yang bertumpah darah Indonesia dengan bangga dan bermartabat dan kepala tegak menyebut Indonesia dengan suatu kebanggan. Semua itu tidak bisa dilupakan karena pahlawan, founding father, pemimpin tidak pernah habis memberikan inspirasi buat Indonesia lebih baik lagi.





  10. Indonesia Raya : Meski ada nada minor tentang kondisi Indonesia saat ini, jadikan aura positif, optimisme, Indonesia Bisa, Indonesia Setara dan spirit Indonesia yang tetap bernilai, bermartabat menuju kesejahteraan bagi setiap insan Indonesia dalam proses terwujud dan terus diperjuangkan tanpa henti oelh kita-kita yang tetap berfikiran lebih baik dari sebelumnya, lebih baik dari saat ini. Jayalah Indonesia Raya.





Yakin Indonesia tetap Jaya

No comments: