Sunday, March 21, 2010

5 Cara Lulus Ujian

Memang berat jika ditargetkan harus lulus ujian. Padahal waktu sudah mendesak sedangkan bahan sangat banyak. Tetap semua kembali pada seberapa perjuangan alias daya juang, usaha, keyakinan dan dukungan untuk berhasil.

Orang yang punya daya juang yang tinggi akan dengan segala daya upaya melakukan usaha untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Seperti tentara punya motto lebih baik mandi keringat pada saat latihan daripada mandi darah di pertempuran.

Usaha adalah pelaksanaan daripada persiapan. Khan tidak mungkin ada hasil jika hanya berpangku tangan atau mengeluh. Semuanya harus dibuktikan dalam pelaksanaan atau karya nyata. Lebih baik bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian.

Keyakinan merupakan bentuk pompaan dalam diri bahwa usaha,dan daya  juang akan mencapai hasil yang optimal. Keraguan hanya menyurutkan langkah akan hasil terbaik. Keraguan sedikit tetap masih bisa ditolerir untuk memicu usaha lebih baik lagi.

Dukungan dalam arti perlengkapan, strategi, kerja sama pihak lain, suasana belajar dan hal-hal lain supaya target belajar membawa hasil yang optimal.

Berikut langkah-langkah untuk lulus ujian :
1. Buat Rencana dan Target

Awalnya adalah buat rencana dan target. Apa target belajar tersebut ? Sebaiknya realistis. Jika target belajar adalah nilai di atas rata-rata 7 atau B, jangan punya target 10 atau A. Namun jika target itu memungkinkan tetap harus  yakin dan bisa dibuat target.

Rencana merupakan langkah-langkah rinci untuk mencapai target. Tiap orang bisa berbeda soal rencana tersebut. Intinya dalam belajar : kisi-kisi belajar, buku atau peralatan yang diperlukan, jadwal dan strategi cara belajar.

2. Baca dan Ringkas

Untuk belajar baca saja tidak cukup. Pelajaran akan makin meresap jika mau membuat ringkasan dengan tangan sendiri. Ini langkah efektif yang sudah terbukti. 

Baca mungkin hanya menyerap 10%, dengan membuat ringkasan bisa jadi 60%. Jika baca membuat ringkasan dan diulang-ulang lagi membacanya bisa 80%.

 
3. Buat Kelompok Belajar 

Kelomok belajar adalah wadah untuk saling mendukung dan memberikan semangat. Jadi kelompok belajar bukan untuk saling ngobrol dan bermain. J

Jika memang diantara anggota kelompok ada yang pintar dia merupakan jalur  untuk bertanya anggota lainnya.

Jadi kelompok belajar harus berdampak positif  pada proses belajar.

4. Latihan soal-soal dan Ukur Kemampuan

Latihan soal-soal adalah untuk mengukur sampai batas mana kedalaman dalam belajar dan pemahaman secara komprehensif. 

Latihan soal-soal bukan proses belajar itu sendiri.

Sering di salah artikan belajar adalah latihan soal-soal. Yang benar pemahaman atas materi kemudian latihan soal untuk mengukur tingkat pemahaman materi.Jika hasil latihan soal masih buruk maka perlu ke no-1 atau baca dan ringkas lagi, berarti ada proses yang salah di sana.

5. Berdoa dan Buat Hati Senang

Ini adalah proses yang penting dan tidak boleh dilupakan. 

Jika tidak senang bagaimana bisa enjoy terhadap proses belajar. Bagaimana supaya senang? 

Kita kembalikan pada masing-masing, paling tidak lakukan kesukaan atau hobi, makanya hati akan senang.

Berdoa adalah wajib, karena usaha yang tulus dan sungguh2 akan makin lengkap dengan Doa.

Selamat belajar semoga sukses lulus ujian.

Sukabumi, 21 Maret 2010 22:11 WIB

No comments: